Orang yang sok tahu hanya akan menambah ketidaktahuannya

Panduan Usaha Kopi bagi yang Masih Baru Memulai

Kopi adalah jenis minuman yang paling dicintai banyak orang mulai dari remaja, orang dewasa sampai orang tua. Minuman kopi yang nikmat dan mantap betul-betul pas dikonsumsi saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia mulai dahulu sampai sekarang. Minum kopi sendiri banyak dilakukan orang-orang di dini hari, sore hari dan pada malam hari yang sebenarnya kondisi yang tepat untuk meminum kopi.

Sudah tak heran lagi, budaya ngopi ini sudah melekat bagi masyarakat mulai dari kalangan ekonomi kecil sampai ekonomi menengah atas. Seluruh elemen masyarakat memang ramai yang kecanduan kopi, jadi rasanya akan ada yang kurang jika melewatkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi itu adalah jenis minuman yang dibuat dari pengolahan biji kopi. Butir kopi itu dihasilkan dari tanaman kopi yang sudah ranum dan dalu yang kemudian dikupas lalu dikeringkan terlebih dahulu. Setelah tahap pengeringan berlanjut dengan fase pegongsengan kopi yang berguna untuk menciptakan cita rasa serta aroma kopi yang sangat enak. Teknik ini dilakukan dengan menggoreng kopi tanpa membutuhkan minyak, kemudian tahap gongseng selesai biji kopi dapat digiling supaya menghasilkan bubuk kopi yang halus dan lembut. Bubuk kopi ini yang dinikmati untuk dibuat menjadi minuman yang nikmat.

Indonesia merupakan negara yang memiliki kopi dengan kuantiti paling banyak sedunia. Oleh karena itu tak heran bila kopi dari Indonesia telah terkenal hingga mendunia. Satu-satunya jenis kopi yang memiliki rangking pertama dengan mutu terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi ini didapat dari sisa pencernaan hewan luwak yang diperdagangkan dengan nilai harga sangat tinggi.

Ramainya pecinta kopi di negeri ini dapat membuat sebuah peluang usaha kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Minuman yang menjadi incaran serta hobi masyarakat pasti akan memberikan income bisnis yang baik bagi pengusaha bisnis kopi. Dalam masyarakat sendiri sudah banyak beterbaran para pelaku bisnis kopi mulai dari warung kopi sederhana sampai kedai kopi modern. Bisnis kopi akan banyak didatangi para pelanggan yang ingin nongkrong atau berkumpul bersama sahabat, saudara, pacar dan lainnya sambil menikmati secangkir kopi. Kedai kopi menjadi tongkrongan yang strategis dengan pelanggan kopi dari waktu ke waktu tidak ada terkendala hawa panas ataupun hujan. Inilah yang membuat banyak pelaku bisnis kopi yang menjadi keberhasilan dengan income penjualan yang besar.

Tertarik untuk mengeluti usaha kopi yang menggiurkan? Kesempatan berbisnis kopi memang masih terbentang lebar untuk siapa saja yang ingin menggarap langsung dalam usaha tersebut. Usaha ini simpel ditekuni tanpa wajib memiliki keahlian khusus dalam mengerjakannya. Membuat kopi memang tidak ribet dan sulit seperti mengolah olahan resep makanan kuliner. Dengan kemudahan proses peracikan kopi yang simpel menjadi magnet tersendiri untuk sejumlah kalangan untuk menekuni bisnis kopi.

Meracik kopi sendiri memiliki trik yang praktis dan populer yaitu dengan menaruh pemanis dan kopi lalu tambah dengan air panas, kopipun sudah jadi. Cara praktis Meracik kopi juga biasanya penggemar atau pelanggan kopi di Indonesia ini menjadikan usaha kopi merupakan suatu usaha yang menjanjikan. Lalu bagaimana tips memulai atau menjalankan bisnis kopi ? Untuk mempelajari bisnis kopi ini Anda dapat memperhatikan hal-�hal di bawah ini:

Mengawali Usaha Kopi

Setidaknya terdapat beberapa poin yang harus Anda siapkan untuk mengawali bisnis ini. Pelajari baik-baik dengan seksama.

1. Sasaran Konsumen

Anda harus merancang masak-masak siapa sasaran konsumen Anda. Siapakah yang akan menjadi pelanggan utama bisnis kopi Anda. Berapa penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap racikan suatu kopi. Kelas apakah mereka? Mahasiswa, pekerja pasar, kaum kapitalis, eksekutif kantoran, ataukah para penikmat kopi?

Mempelajari perilaku konsumen akan membantu merancang teknik selanjutnya. Contohnya lokasi yang cocok, bentuk kode yang sesuai, dan tarif yang tepat untuk kopi Anda. Bila modal Anda kecil dan menyasar customer kalangan menengah ke atas. Carilah teman atau partner bisnis yang mau membiayai bisnis Anda.

Langkah simpel menemukan investor adalah mengajukan sertifikat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Namun ada langkah lain yang lebih mudah dan effisien. Berusahalah untuk mengikuti kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga. Misalnya enterpreneurship competition. Bila berhasil, Anda akan memperoleh pembiayaan secara cuma-cuma.

2. Lokasi Usaha Kopi

Anda wajib mendapatkan tempat sangat ramai untuk mengawali bisnis kopi ini. Tempat merupakan penentu dalam perjalanan bisnis Anda. Misalnya saja Anda mau menerapkan rencana warung kopi sederhana, jadi Anda harus mendapatkan tempat yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah ditemui.

Begitu pula jika Anda akan merencanakan bisnis kopi dengan kedai. Hal ini dapat sangat menolong bila tempat yang Anda dapatkan adalah tempat yang bersinggungan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila Anda lebih berniat untuk menyuguhkan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang santai, Anda dapat memilih lokasi di lokasi hiburan.

3. Menentukan Vendor

Ini merupakan hal krusial, yang sering dianggap sepele. Bila Anda menjual kopi untuk target pelanggan kelas menengah ke bawah. Anda tak usah ribet mencari supplier, di pasar ramai pebisnis kopi dari instan ataupun tidak.

Berbeda lagi jikalau target Anda kelas menengah ke atas. Jika Anda ingin pendapatan jutaan perhari, Anda wajib menyasar customer ini. Mereka sudi membayar mahal, oleh sebab itu mereka layak mendapat kopi terenak yang pernah ada.

Anda bisa saja pergi ke pelbagai lokasi untuk mendapatkan kopi yang nikmat. Lakukanlah, itu merupakan biaya survei yang harus Anda lakukan.

4. Servis yang Baik

Selalu membuat pelayanan yang baik dan memuaskan akan sangat mendukung Anda dalam mengolah usaha menjadi sangat dinamis. Ini bisa menjadi sebuah keunggulan yang mungkin saja sukar didapatkan oleh customer dari bisnis kopi lainnya. Buatlah usaha kopi Anda menjadi bisnis yang mempunyai tata krama, karena hal tersebut bisa memberikan feed back yang luar biasa dari para customer. Selain pelayanan yang berkualitas dan sopan, Anda pun juga wajib menilai kelayakan dari tempat yang Anda gunakan untuk usaha kopi tersebut.

5. Strategi Pemasaran

Anda dapat memakai cara online maupun offline. Apabila Anda telah menjalankan metode bisnis offline, maka Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk memarketingkan usaha kopi Anda secara online. Jadi akan sangat banyak yang mengenal usaha kopi yang Anda kerjakan.

Demikian mengenai potensi kesempatan usaha kopi yang bisa Anda pelajari dengan nyata supaya Anda lebih ringan dan serius dalam mengelola usaha kopi yang menguntungkan.

Bisnis kopi justru tak pernah mati dan surut akan pembelinya, sehingga bila menekuni bisnis tersebut pasti akan penuh peluang keberhasilan yang gampang untuk Anda peroleh.

Penasaran untuk memulai usaha kopi ini sekarang? Mari jangan tunda lagi untuk membuka usaha tersebut, tentu peluang menjadi pebisnis kopi yang berhasil tak boleh hilang begitu saja.

Mudah-mudahan informasi tentang peluang usaha kopi dapat diamalkan dan bermanfaat bagi usaha Anda nantinya. Bisnis ini membutuhkan mesin kopi yang berfungsi untuk proses pembuatan kopi dengan metode simpel dan lebih effisien. Mesin ini dinamakan mesin kopi instan yang sesuai sekali dipakai untuk usaha kopi dengan bisnis berjenis hotel maupun untuk catering.

Langkah penggunaan mesin kopi ini sangatlah mudah, bagi siapa saja bisa mengaplikasikan dengan langkah pengendalian yang sangat gampang. Mesin kopi menjadi pilihan yang cocok untuk mendukung menjalankan usaha kopi bagi siapa yang menjalani usaha tersebut. Fungsi mesin kopi instan adalah untuk meracik kopi dengan trik instan yang simpel dan tidak lama. Anda bisa dengan mudah memperoleh mesin kopi ini dengan mengunjungi toko mesin PT Ramesia Mesin Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *