Orang yang sok tahu hanya akan menambah ketidaktahuannya

Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

Di zaman sekarang, sangat mudah bagi kita dalam menemukan aneka jenis cara pemasaran unik. Iklan yang tampak mengundang, product packaging yang menarik untuk dibeli hingga papan reklame yang cukup menarik perhatian. Di balik itu semua ada sosok desainer grafis yang berpengalaman serta tentunya memiliki kreativitas tinggi. Profesi ini sendiri sudah mulai populer sejak tahun 1950an dan terus berkembang hingga kini. Bagi kita yang hendak belajar desain grafis, mungkin kita ingin tahu seperti apa sebenarnya pekerjaan seorang desainer grafis itu. Kita juga bisa membaca kisah sukses dari desainer grafis yang terkenal di seluruh dunia agar semakin memotivasi kita dalam mempelajari desain grafis serta menjadi ahli di bidangnya. Berikut adalah uraian lengkap seputar desainer grafis.

Belajar Desain Grafis dan Lowongan Kerjanya

Desainer grafis akan membutuhkan aneka perangkat lunak seperti Adobe Photoshop yang dilengkapi elemen seperti font, foto, warna, ilustrasi, bentuk dan tekstur dalam menyampaikan pesan atau arti dalam beragam media. Bagi kita yang masih dalam tahap belajar desain grafis juga sebaiknya memahami cara kerja dari Adobe Photoshop serta software grafis lainnya. Hasil kerja desainer grafis terutama adalah dalam bentuk pamflet, iklan, brosur, selebaran dan lain-lain. Banyak lowongan kerja yang tersedia untuk desainer grafis. Pertama adalah desainer grafis yang ahli dalam menggunakan gambar atau grafis apa saja terkait dengan penciptaan logo, skema, tanda, simbol atau desain geometris lainnya. Selanjutnya ada desainer tata letak yang merupakan pemikir kreatif di balik penempatan gambar seperti komposisi. Desainer tata letak atau layouter juga akan memutuskan pemilihan font serta warna. Berikutnya ada lagi desainer flash, yaitu sebutan untuk mereka yang memiliki keahlian di bidang program desain web bernama Flash serta terbilang kreatif dalam penggunaan efek visual guna mempercantik website. Tanpa desainer flash, internet tidak akan menjadi semenarik sekarang. Berikutnya ada lagi illustrator, yaitu mereka yang bekerja pada bidang seni digital menggunakan pensil atau tinta dalam menyampaikan pesan. Terakhir adalah artis photoshop, yaitu senima yang memperindah, mereka ulang serta menyempurnakan gambar untuk hasil maksimal dalam penyampaian pesan atau visualnya.

 

Belajar Desain Grafis dan Tokoh Desainer Grafis Terkenal

Banyak tokoh desainer grafis terkenal yang bisa jadi motivasi kita dalam belajar desain grafis. Pertama adalah Chip Kidd. Ia adalah seorang lulusan Pennsylvania State University yang terkenal karena mendesain sampul komik DC Comics, The Complete History of Batman, Wonder Woman dan Superman. Chip Kidd juga turut mendesain sampul Jurassic Park and the Lost World karya Micahel Chrichton. Kidd pernah memperoleh penghargaaan dari International Centre of Photography’s Award. Berikutnya ada nama Milton Glaser, desainer grafis yang berada di balik desain kaos I Heart NY. Glaser adalah lulusan Fullbright Scholar serta Cooper Union. Ia juga adalah pendiri WBMG, perusahaan desain terkenal yang sudah melayani beragam klien seperti LA Times, Boston Globe dan lain-lain. Desainer grafis yang populer selanjutnya ialah Herb Lubalin. Ia terutama memiliki kontribusi dalam hal tipografi. Lubalin terutama terkenal berkat penemuan ITC Avant Garde Typeface yaitu intepretasi seni deco modern. Selanjutnya ada Eddie Opara, lulusan London College of Printing yang menciptakan pekerjaan luar biasa untuk Studio Museum in Harlam, New York University, Prada, The Queens of Museum, Princeton Architectural Press dan lain-lain. Opara bergabung bersama Pentagram pada 2010 dan terus menghasilkan karya-karya desain terbaiknya untuk dunia.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *